Bagaimana Menghindari Phishing Jebakan Piala Dunia? Ini Tipsnya

Bagaimana Menghindari Phishing Jebakan Piala Dunia? Ini Tipsnya

 

 Bagaimana Menghindari Phishing Jebakan Piala Dunia? Ini Tipsnya

Bagaimana Menghindari Phishing Jebakan Piala Dunia? Ini Tipsnya

Setiap event penting di dunia ini, seperti misalnya Piala Dunia, selain memberikan banyak manfaat, pastinya juga ada beberapa yang memanfaatkan untuk hal hal yang merugikan orang lain. Tak terkecuali di dunia maya. Ajang empat tahunan ini banyak dimanfaatkan oleh mereka yang tidak bertanggung jawab, seperti misalnya melakukan spamming, phishing, dan berbagai aktivitas merugikan lainnya yang menjadikan internet sebagai medianya.

Disini kita akan coba kupas dan memberikan sedikit tips sederhana untuk bagaimana menghindari aksi phishing

yang pasti muncul seiring dengan adanya event tertentu. Biasanya para pelaku phising tersebut akan membuat semacam situs yang memiliki kemiripan dengan sebuah situs resmi, bisa sponsor, bisa toko online, bisa tiket pesawat, tiket pertandingan, dan semua yang berhubungan dengan event tersebut. Biasanya para pelaku phishing akan mengumpulkan data finansial para korbannya yang kemudian digunakan untuk kepentingan mereka sendiri, contohnya, data kartu kredit, data bank, akun login, dan seterusnya. Agar tidak terjebak dalam aksi phishing tersebut, berikut beberapa tips sederhana untuk menghindari phishing, diantaranya adalah:

memasang aplikasi anti phishing

Salah satu cara yang dilakukan oleh para pelaku phishing adalah dengan membuat sebuah replica website resmi sebuah situs. Disini bero and sist harus benar benar memperhatikan dengan seksama dan teliti, mulai dari alamat URL, desain situs, dan informasi yang ada pada situs tersebut. Karena biasanya, aksi phishing mahir dalam membuat situs yang benar benar sama persis.

Kita mungkin masih sering terkecoh dengan situs yang diawali dengan “https” adalah situs yang benar benar aman untuk melakukan transaksi online. Namun kita juga harus perlu mengetahui, beberapa pelaku phishing sudah memiliki sertifikasi SSL semacam ini. Bero and sist harus jeli dalam membedakan mana situs yang palsu, mana situs yang asli.

Jika bero and sist menerima email, namun masih ragu dan tidak pernah merasa kenal dengan pengirim email

tersebut, jangan pernah sekali kali untuk ngeklik tuh link yang ada di email. Biasanya beberapa pelaku phishing akan menawarkan sesuatu yang sangat bombastis dalam email tersebut yang seringkali membuat bero and sist penasaran untuk membukanya.

Bero and sist juga jangan ngunduh sembarangan attachment yang ada di email yang tidak dikenal. Ada banyak sekali aplikasi phishing yang disematkan pada lampiran sebuah email, salah satunya adalah “key logger”. Apa itu key logger? Silakan tanya simbah.

Pastikan kompi bero and sist selalu terlindungi dengan aplikasi malware atau spyware. Kedua jenis aplikasi ini

cukup mumpuni untuk menghadang aktivitas phishing yang mungkin suatu saat akan merugikan bero and sist.

Oke, udah agak ngeh kan mengenai tips sederhana untuk menghindari aksi phishing? So, bero and sist bisa dengan aman ngikutin acara Piala Dunia tanpa takut kena hal hal ghaib yang bisa saja ngerugiin sobat semua.

Baca Juga: