Cara Mudah Menjaga Berlian Tetap Berkilau

Cara Mudah Menjaga Berlian Tetap Berkilau

Cara Mudah Menjaga Berlian Tetap Berkilau

Batu berlian merupakan salah satu bebatuan yang menghasilkan kilau sangat indah. Berlian pun terkenal karena kilaunya yang sangat cantik. Namun, bagaimana kalau kecantikannya hilang atau kusam? Nah, berikut rahasia supaya berlian Anda tetap berkilau indah.

Karena kilaunya yang indah, berlian menjadi favorit para wanita. Maka dari itu ada pepatah yang mengatakan bahwa “ Berlian merupakan sahabat terbaik wanita”. Sayangnya, penggunaan perhiasan berlian yang terlalu berlebihan bisa membuat kotoran ataupun minyak mengendap pada berlian, yang menyebabkan berlian kusam dan tak berkilau. Berikut beberapa tips menjaga berlian teteap berkilau.

Rawat Berlian

Berlian merupakan magnet alami terhadap minyak, jadi jika berlian Anda terkena minyak maka akan sulit untuk membersihkannya dan akan tetap menempel pada berlian. Hal inilah yang dapat membuat berlian kehilangan kilau. Jadi, hindari berlian dari berbagai produk yang mengandung minyak supaya tetap berkilau indah.

Bersihkan Secara Teratur

Hal yang paling mudah untuk membuat berlian tetap berkilau adalah dengan membersihkannya secara teratur. Tak perlu ribet, Anda bisa membersihkan perhiasan berlian dengan mudah di rumah. Baik menggunakan pembersih khusus perhiasan berlian ataupun menggunakan larutan air yang dicampur dnegan sabun pencuci piring. Gunakan sikat lembut untuk membersihkan perhiasan berlian Anda dengan larutan pembersih tadi. Bersihkan perhiasan Anda paling tidak 1-2 kali dalam seminggu.

Sentuh Secara Lembut

Beberapa rangka perhiasan untuk penyangga berlian sering terlihat rapuh, misalnya saja seperti garpu penyangga berlian yang sudah lama. Perhiasan berlian yang sudah antik pun bisa membuat garpu longgar hingga rapuh, karena itu Anda harus membersihkan berlian dengan sangat lembut.

Hindari Cairan Berbahaya

Zat pemutih klorin atau abrasive yang terdapat pada pembersih rumah tangga ataupun pasta gigi dapat merusak logam yang digunakan untuk menyangga berlian. Hal ini bisa membuat pengaturan berlian longgar hingga rusak. Jadi ada baiknya untuk menghindari perhiasan berlian Anda dari beberapa bahan berbahaya tersebut.

Pembersih Ultrasonic

Pembersih ultrasonic memang mampu membuat kotoran yang terdapat pada perhiasan berlian hilang. Namun, Anda perlu berhati-hati saat menggunakan pembersih jenis ini. Pasalnya, pembersih ultrasonic dapat membuat getaran yang dapat membuat pengaturan batu berlian pada logam longgar. Oleh karena itu, saat Anda menggunakan pembersih ultrasonic ini disarankan jangan terlalu lama.


Baca Artikel Lainnya: