Contoh Sistem Operasi Komputer dan Gadget

Contoh Sistem Operasi Komputer dan Gadget

Contoh Sistem Operasi Komputer dan Gadget

Terdapat beberapa contoh sistem operasi yang ada di dunia. Berikut contoh sistem operasi, antara lain:

Windows

Windows merupakan salah satu contoh sistem operasi yang sering digunakan. Sistem operasi Windows merupakan sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Microsoft Corporation. Sistem operasi Windows memakai tampilan antar muka bergrafis atau GUI (Graphical User Interface). Dulunya Windows masih berupa ke dalam jenis Ms-Dos. Ms-Dos adalah sistem operasi yang memakai teks atau Command-Line interpreter.

Linux

Sistem operasi Linux yang berbasis pada standar sistem operasi yaitu POSIX dan merupakan turunan dari UNIX.

Macintosh

Salah satu contoh sistem operasi yaitu Macintosh. Macintosh merupakan sistem operasi yang dapat dipakai oleh komputer khusus, yaitu computer Macintosh. Macintosh ini dibuat oleh perusahaan Apple. Karena Macintosh sudah dirancang khusus, sehingga Macintosh tidak cocok untuk dipakai pada komputer yang berbasis IBM. Sistem operasi ini adalah yang pertama yang memakai GUI (Graphical User Interface).

Symbian

Sistem operasi Symbian dikembangkan oleh perusahaan Symbian Ltd. Sistem operasi Symbian ini dirancang untuk peralatan yang bergerak, seperti handphone.

Android

Android ialah salah satu sistem operasi yang sudah sangat dikenal dan populer. Android merupakan sistem operasi yang khusus dirancang untuk mobile atau ponsel dan pada dasarnya Android adalah OS linux yang dikembangkan.

Solaris

Solaris adalah sisstem Operasi yang berdasarkan dengan UNIX system yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Sun Microsystems yang merupakan pendukung SunOS. Sistem operasi Solaris terkenal karena kestabilannya, khususnya yang ada pada sistem SPARC (Scalable Processor Architecture), Solaris sudah disertifikasi ke dalam Spesifikasi UNIX walaupun pada awal dari pengembangan sistem operasi tersebut berdasarkan dengan kepemilikan pribadi, kode dasarnya pada sistem solaris Solaris kebanyakan merupakan Software OpenSource yang sekarang sudah biasa dikenal dengan OpenSolaris.

Chrome OS

Ada juga sistem Operasi yang dikembangkan oleh perusahaan ternama yaitu Google. Chrome OS memiliki keunggulan yang sangat ringan serta berbasiskan Linux dan juga standard web untuk PC atau personal computer. Google Chrome sendiri bekerja dengan menggunakan metode switching atau Multi-Tasking, Windowing . Sistem operasi Chrome OS memakai standard web HTML 5, yang mana merupakan pengembangan dari sebuah software di browser yang berbasis OS atau Sistem Operasi.


Baca Artikel Lainnya: