IDE Eclipse adalah

Table of Contents

IDE Eclipse adalah

IDE Eclipse adalah

IDE (Integrated Development Environment) adalah sebuah alat atau perangkat yang membantu dalam pembuatan sebuah program. Java membebaskan penggunanya untuk memilih IDE sendiri, diantaranya IDE Java yang sering digunakan adalah Netbeans dan Eclipse. Eclipse adalah sebuah IDE untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform (platform-independent). Eclipse memiliki komunitas open source yang bertujuan menghasilkan platform pemrograman terbuka. Eclipse terdiri dari framework yang dapat dikembangkan lebih lanjut, peralatan bantu untuk membuat dan mengatur software sejak awal hingga diluncurkan. Platform Eclipse didukung oleh ekosistem besar yang terdiri dari vendor teknologi, start-up inovatif, universitas, riset institusi serta individu. Banyak orang mengenal Eclipse sebagai IDE (Integrated Development Environment) untuk bahasa Java, tapi Eclipse lebih dari sekedar IDE untuk Java. Secara umum Eclipse digunakan untuk membangun perangkat lunak inovatif berstandar industri, dan alat bantu beserta framework-nya membantu pekerjaan menjadi lebih mudah. Eclipse menyediakan tools yang dibutuhkan untuk membuat professional desktop, enterprise, web, dan mobile applications dengan bahasa pemrograman Java, C/C++, dan bahkan dynamic languages seperti PHP, JavaScript, Groovy, dan Ruby. Berikut ini adalah sifat dari Eclipse: 
  • Multi-platform. Menunjukkan bahwa Eclipse dapat berjalan pada sistem operasi Microsoft Windows, Linux, Solaris, AIX, HP-UX dan Mac OS X. 
  • Multi-language. Eclipse dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java, akan tetapi Eclipse mendukung pengembangan aplikasi berbasis bahasa pemrograman lainnya, seperti C/C++, Cobol, Python, Perl, PHP, dan lain sebagainya. 
  • Multi-role. Fungsi Eclipse selain sebagai IDE, juga untuk pengembangan aplikasi. Eclipse bisa digunakan untuk aktivitas dalam siklus pengembangan perangkat lunak, seperti dokumentasi, tes perangkat lunak, pengembangan web, dan lain sebagainya. 
Lisensi Eclipse menggunakan EPL (Eclipse Public License), yaitu lisensi yang memungkinkan organisasi untuk menjadikan Eclipse sebagai produk komersialnya, dan pada saat yang sama meminta orang yang melakukan perubahan untuk mengkontribusikan hasilnya kembali kepada komunitas. 
 
Arsitektur Eclipse 
Eclipse pada dasarnya merupakan sebuah kernel, yang mengangkat plug-in. Hal yang dapat digunakan di dalam Eclipse sebenarnya adalah fungsi dari plug-in yang sudah diinstal. Ini merupakan basis dari Eclipse yang dinamakan Rich Client Platform (RCP). Secara standar Eclipse selalu dilengkapi dengan JDT (Java Development Tools), plug-in yang membuat Eclipse kompatibel untuk mengembangkan program Java, dan PDE (Plug-in Development Environment) untuk mengembangkan plug-in baru. Eclipse beserta plug-in-nya diimplementasikan dalam bahasa pemrograman Java. Berikut ini merupakan gambaran arsitektur dari Eclipse: