Kebocoran Soal USBN SMA/SMK, Komisi V Panggil Disdik Jabar

Kebocoran Soal USBN SMA/SMK, Komisi V Panggil Disdik Jabar

Kebocoran Soal USBN SMA SMK, Komisi V Panggil Disdik Jabar

Kebocoran soal dan jawaban Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat SMA dan SMK di Jawa Barat (Jabar) menjadi viral dan pembicaraan di media sosial (medsos), terkait hal tersebut membuat kalangan DPRD Jabar kaget. Bahkan, laporan indikasi kebocoran soal dan jawaban juga sudah masuk ke DPRD Jabar.

Untuk mengklarifikasi hal itu, Komisi V DPRD akan memanggil pihak Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dewan Pendidikan Jabar, Senin (26/3/2018). Hal ini dkatakan anggota Komisi V DPRD Jabar dr Ikhwan Fauzi MKes kepada wartawan di Bandung.

Menurut politisi dari PDIP ini, pihaknya telah menerima laporan dari berbagai elemen masyarakat dan penggiat pendidikan bahwa pelaksanaan USBN SMA-SMK di Jabar yang berlangsung dari 19-28 Maret terindikasi telah terjadi kebocoran soal dan jawaban.

Dikatakannya, untuk mengetahui sejauh mana tingkat kebenaran kebocoran ini,

maka Komisi V akan menggelar rapat kerja dengan Disdik dan Kantor Cabang Disdik Wilayah Jabar, dan Dewan Pendidikan.

Sebelumnya, Kadisdik Jabar Ahmad Hadadi kepada wartawan mengakui dirinya sudah mendapatkan beberapa laporan terkait adanya indikasi kebocoran soal dan jawaban USBN SMA/SMK 2018 tersebut.

“Dugaan kebocoran soal dan kunci jawaban UASBN jadi pembicaraan di medsos.

Bahkan, beberapa aduan masuk ke medsos resmi Disdik Jabar,” katanya, Rabu (21/3/2018).

Menurutnya, laporan yang kita terima, langsung kita tindaklanjuti dengan cara langsung berkunjung ke sekolah sekaligus memantau pelaksanaan USBN. Salah satu sekolah yang didatangi, yaitu SMAN 15 Bandung.

“Kami akan menelusuri di mana yang bocor. Kita akan mengkonfirmasi kepada kepala sekolah

dan siapa yang bertanggungjawab dalam pendistribusian soal tersebut,” ujar Hadadi.

Berdasarkan hasil sidak di SMAN 15 Bandung tidak ditemukan adanya kebocoran soal dan jawaban. USBN di SMAN 15 Bandung dinilai berjalan baik. Kendati demikian, ia menegaskan akan memberikan sanksi tegas jika isu kebocoran soal ini benar terjadi. (R2)

 

Sumber :

https://www.kakakpintar.id/