Kisah Pantai di India, Dulu Jorok Luar Biasa Kini Indah

Kisah Pantai di India, Dulu Jorok Luar Biasa Kini Indah

Kisah Pantai di India, Dulu Jorok Luar Biasa Kini Indah

Aksi ini patut ditiru siapapun

Pantai di salah satu kota di India ini dulunya kotor. Lalu dibersihkan besar-besaran, kini sudah indah.

Melansir berbagai media, Jumat (26/7/2019), hal ini agak sulit dipercaya. Pasalnya, Pantai Versova sampai sekarang dianggap sebagai salah satu pantai paling kotor di Mumbai, India.

Lalu bergeraklah PBB dengan proyek bernama

Pembersihan Pantai Terbesar di Dunia. Hasilnya adalah transformasi dramatis dari Pantai Versova.

Pantai ini dulu kotor luar biasa. Pembersihan dengan hasil nyata telah menyebar di India, di mana para netizen memuji peran relawan lokal dalam upaya pembersihan kolosal itu.

Cerita ini dimulai oleh pengacara muda sekaligus pencinta lingkungan Afroz Shah, sukarelawan mengumpulkan 5,3 juta kilogram sampah dan plastik selama 21 bulan. Barang-barang itu membusuk di bentangan pantai sepanjang 2,5 kilometer.

Saya pindah ke apartemen baru saya dua tahun

yang lalu dan melihat plastik di pantai, tingginya 1,5 meter. Seorang pria bisa tenggelam dalam plastik. Aku bilang akan datang ke lapangan dan melakukan sesuatu. Aku harus melindungi lingkunganku dan itu membutuhkan tindakan nyata,” kata Shah kepada CNN.

Shah (33) mulai membersihkan pantai pada 2015 dengan bantuan seorang tetangga. Seiring waktu, bergabunglah lebih dari 1.000 sukarelawan termasuk penduduk Versova yang merupakan penghuni daerah kumuh, politisi, selebritas Bollywood dan anak sekolah.

Para relawan juga telah membersihkan 52 toilet umum di pantai dan menanam 50 pohon kelapa. Shah mengatakan dia ingin menanam 5.000 pohon kelapa di sana dan mengubahnya menjadi laguna yang penuh pohon kelapa seperti dulu.

“Apa yang saya lakukan adalah saya mengambil plastik. Inilah cara saya menghabiskan akhir pekan sejak 2015 dan saya menyukainya,” kata Shah.

Aksi bersih-bersih diadakan secara rutin pada akhir pekan di kegiatan yang ia disebut sebagai kencan dengan lautan. Pada hari Sabtu, Shah mencuit foto dari sebuah lokasi yang kini amat rapi dan bersih dan segera mendapatkan lebih dari 6.000 retweet dan 13.000 suka.

Usaha Shah juga mendapat pujian oleh menteri India untuk Pengembangan Urban Venkaiah Naidu. Tak hanya itu, dukungan dan pujian juga datang dari sejumlah selebriti yang berbasis di Mumbai.

PBB mengakui kerja dari Shah. Tahun lalu, Program Lingkungan PBB (UNEP) memberinya penghargaan Champion of the Earth karena telah mengorganisir masyarakat dalam upaya pembersihan itu.

Pantai Versova bukanlah pantai yang populer di mata wisatawan dan dikelilingi oleh daerah kumuh. Menurut UNEP, 13 juta ton sampah plastik berakhir ke laut setiap tahun yang setara dengan membuang dua truk sampah plastik ke laut setiap menit.

Hal itu menimbulkan ancaman tidak hanya untuk ekosistem laut tapi juga bagi manusia. Karena, sampah di laut termakan oleh ikan juga burung laut.

Sebuah pengadilan di India juga telah mengambil langkah untuk mengatasi masalah limbah yang berlangsung secara besar-besaran. Negara itu melarang penggunaan plastik sekali pakai di ibu kota New Delhi pada Januari tahun ini.

Baca Artikel Lainnya: