Kurangi Pengangguran, Pemko Padang Jalin MoU dengan Sun Marino

Kurangi Pengangguran, Pemko Padang Jalin MoU dengan Sun Marino

Kurangi Pengangguran, Pemko Padang Jalin MoU dengan Sun Marino

Guna mengurangi jumlah pengangguran di Kota Padang, Jumat

(8/1/2016), dijalin sebuah kerjasama atau Memorandum of understanding (MoU) antara Pemko Padang dengan Lembaga Pendidikan Pelatihan dan Keterampilan (LP2K) Sun Marino Indonesia. Wako H. Mahyeldi mengatakan, MoU ini diyakini membantu program Pemko Padang, khususnya dalam mengurangi angka pengangguran dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Kota Padang.

“Upaya seperti ini sangat membantu masyarakat Padang khususnya yang masih di usia produktif untuk dapat menerima pekerjaan yang layak. Semoga kita mampu memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya,” sebut walikota dalam sambutannya sebelum penandatangan MoU.

Direktur LP2K Sun Marino Indonesia, Ariyanto menyebutkan, kerja sama ini dalam bidang pendidikan

dan pelatihan bagi masyarakat yang berusia produktif. Tujuannya antara lain, mendapatkan tenaga kerja dari Kota Padang, untuk bisa bekerja di perusahaan kapal pesiar, kapal non pesiar dan perhotelan yang ada di kawasan Timur Tengah.

“Kita akan memberikan pelatihan bagi para peserta yang telah mendaftar. Ini gunanya, untuk meningkatkan standar kemampuan mereka, agar bisa bekerja secara profesional nantinya,” terang Ariyanto.

Dia melanjutkan, terkait ini, pihaknya akan memberikan pendidikan dan pelatihan maksimal selama 3 bulan

dan untuk praktek selama 6 bulan. Setelah itu, baru pihaknya akan mengirim ke tempat pilihan kerja yang membutuhkan.

“Kita berharap, angka pengangguran berkurang dan ekonomi masyarakat akan meningkat. Apalagi, ini juga mendukung program pemerintah dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM),” ujar Ariyanto Direktur yang berkantor di Yogyakarta ini.

Kadinsosnaker Padang, Frisdawati Amaran Boer ketika ditemui mengatakan, ia berharap upaya tersebut dapat menyukseskan program Walikota dan Wakil Walikota Padang dalam mengurangi angka pengangguran di tiap tahunnya.

“Untuk itu kita sampaikan, kepada seluruh masyarakat Padang khususnya di usia produktif silahkan mendaftar dan mengikuti pendidikan dan pelatihan ini ke Kantor Dinsosnaker Padang. Karena ini kesempatan bagus bagi kita,” sebut Frisdawati didampingi Sekretarisnya, Danti Arvan.

MoU yang dilangsungkan di Ruang Abu Bakar Jaar Balaikota Padang ini, disaksikan dan ditanda tangani oleh Walikota Padang, Mahyeldi Dt Marajo bersama Direktur Sun Marino Indonesia, Ariyanto. Dalam kesempatan itu hadir, Sekda Kota Padang, Nasir Achmad, Kepala Dinas Pendidikan, Habibul Fuadi, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Zalbadri dan beberapa kepala sekolah yang ada di Padang.

Adapun yang mempelopori kerja sama ini yakni, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Padang bekerja sama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Padang.

 

Baca Juga :