Peralatan yang digunakan

Table of Contents

Peralatan yang digunakan

Peralatan yang digunakan

Sebelum melakukan perakitan perangkat keras komputer, maka harus dipersiapkan peralatan yang digunakan untuk melakukan perakitan tersebut. Peralatan ini dipergunakan untuk memasang komponen – komponen seperti motherboard, kartu grafis, kartu suara, hardisk, disk drive dan CD room pada casing. Komponen – komponen ini dipasang pada casing dengan memakai baut. Sedangkan peralatan – peralatan yang diperlukan yaitu :
– Obeng plus ( + )
– Obeng Minus ( – )
– Tang
– Baut dan mur yang diperlukan

2. Hardware yang dipersiapkan

A. Casing
Casing merupakan tempat yang dipergunakan untuk meletakkan komponen komputer agar komputer dapat bekerja. Jika membeli casing yang baru maka dalam casing tersebut sudah terdapat power supply yang menghubungkan antara sumber tegangan dengan komponen pada komputer tersebut dan terdapat kabel indicator. Pada power supply terdapat kabel yang menghubungkan power supply dengan motherboard, disk drive, hardisk dan CD room. Kabel ini berfungsi untuk memberikan arus pada komponen – komponen tersebut. Sedangkan kabel indicator hardisk, indicator power, kabel untuk tombol reset, dan kabel keylock. Disamping dipergunakan untuk meletakkan power supply, casing juga untuk meletakkan seperti motherboard, hardisk, disk drive, CD room, kartu grafis, kartu suara, dan lain – lain.
Pemilihan jenis casing sangat penting, karena sangat menentukan penampilan komputer setelah selesai dirakit. Terdapat dua jenis casing yaitu jenis desktop dan jenis tower. Untuk komputer lama biasanya menggunakan jenis desktop, sedangkan untuk komputer yang sekarang biasanya menggunakan jenis tower.

B. Motherboard
Motherboard merupakan rangkaian komponen elktronik utama pada sebuah komputer. Pada motherboard tersebut terdapat jalur – jalur yang menghubungkan antara komponen yang satu dengan komponen yang lain. Motherboard ini sangat penting sekali karena semua komponen pada komputer dihubungkan dengan motherboard ini baik secara langsung atau dengan melalui kabel. Yang terhubung secara langsung diantaranya yaitu mouse, keyboard, kartu grafis, kartu suara dan CPU, sedangkan yang melalui kabel atau komponen lain yaitu hardisk, CD room, disk drive, monitor, speaker dan lain – lain.
Terdapat dua jenis motherboard yang sampai sekarang ini yaitu jenis onboard dan offboard. Perdedaan dari jenis ini yaitu pada jenis onboard biasanya komponen seperti kartu grafis, kartu suara, port com, port PS2, port USB, dan port jaringan sudah menjadi satu rangkaian dengan motherboard, sedangkan jenis yang tidak onboard komponen – komponen tersedut belum ada, sehingga harus dipasang sendiri.
Perkembangan motherboard saat ini terdapat beberapa merk misalnya yaitu merk ASUS, IWIL, GigaByte, Intel Triton, Eagle, SIS dan lain – lain.

C. Memori
Kecepatan komputer disamping ditentukan oleh kecepatan CPU juga ditentukan oleh kecepatan memori yang digunakan. Semakin tinggi kecepatan memori semakin cepat dan canggih komputer yang digunakan. Kecepatan memori yang tinggi ini biasanya berguna jika pada komputertersebut digunakan untuk program aplikasi grafis yang memerlukan kecepatan tinggi seperti program Coreldraw, Photoshop, dan Page Maker. Kecepatan memori dinyatakan dengan satuan megabyte misalnya RAM berukuran 32MB, 64MB, 128MB, dan 256MB. Terdapat 2 modul memori yaitu SIMM dan DIMM.
SIMM ( Single Inline Memori Module ) yaitu memori yang memiliki chip RAM hanya pada satu sisi papan.
DIMM ( Dual Inline Memori Module ) yaitu memori yang mempunyai chip RAM pada kedua sisi papan.

D. Processor
Kecepatan, kehandalan, stabilitas, kredibilitas dari komputer sangat ditentukan oleh prosessor yang digunakan. Fungsi dari prosessor ini diantaranya yaitu untuk mengendalikan seluruh komponen dalam komputerdan melakukan operasi – operasi perhitungan aritmatika.
Terdapat beberapa prosessor yang beredar dipasaran saat ini diantaranya yaitu jenis Intel, IBM, Cyrix dan AMD. Dari masing – masing jenis ini mengalami perkembangan yang mempunyai kecepatan yang lebih cepat mulai dari keluaran ( produk ) paling lama sampai keluaran paling baru. Kecepatan dari prosessor dinyatakan dalam satuan Mhz atau Ghz.

Baca Juga