RISKLESS SECURITIES adalah

Table of Contents

RISKLESS SECURITIES adalah

RISKLESS SECURITIES adalah

RISKLESS SECURITIES adalah surat berharga yang memberikan kepastian atas pembayaran secara full dan tepat waktu dan secara imlisit ada jaminan dari pemerintah contoh Obligasi pemerintah,Treasury Bill of AS. atau Sertifikat Bank Indonesia(SBI). Tetapi masih ada ketidakpastian atas daya beli (purchasing power ) atas pembayaran tersebut,hal ini berhubungan dengan RESIKO INFLASI.

YTM pada suatu sekuritas fixed income adalah suatu discount rate yang membuat nilai sekarang(PV) dari arus kas di masa yad sama dengan harga pasar sekarang surat berharga tersebut.Bisa juga di sebut INTERNAL RATE OF RETURN(IRR)

SPOT RATE adalah YTM pada pure discount securities(Treasury Bill).

FORWARD RATE adalah tingkat bunga ,ditentukan sekarang yang akan di bayarkan pada uang yang di pinjam pada masa tertentu dimasa yad.

YTM Fixed Income

(Face value – purchase price) + coupon

AYTM = years to marturity

(purchase price + face value)

2

Kurva Yield : adalah kurva yang menjelaskan hubungan YTM dan MATURITY untuk T- securities,hubungan ini disebut TERM STRUCTURE OF INTEREST RATE.

metode menghitung return selama beberapa periode

a.Arithmatic Average Rate of Return.

b.Time Weighted Rate of Return.

c.Dollar Weighted Rate of Return.

Jika yang dipakai adalah data yang sebenarnya (actual), maka rumus untuk expected return adalah rata-rata return

1.Arithmatic mean

2.Geometric mean

Covarian of Return : suatu ukuran statistik bagaimana return dua asset bergerak bersama-sama.

Correlation : Didefinisikan sebagai alat untuk mengukur hubungan dua asset. Cofficien of correlation dapat bernilai dari –1sampai +1.

MATRIKS VARIANS-KOVARIANS Berlaku untuk kombinasi 3 asset ,(matriks varians-Kovarian adalah untuk mencari resiko portfolio yang berasal dari kombinasi 3 asset yang beresiko).

Diversivikasi(penyebaran

Portfolio adalah gabungan berbagai aktiva /surat berharga/kesempatan investasi.

Diversivikasi portfolio adalah pembentukan portfolio sedemikian rupa sehingga dapat mengurangi resiko portfolio tanpa mengorbankan return.

Juga diversifikasi adalah dana yang tersedia tidak seluruhnya ditanamkan pada satu jenis instrumen saja,tapi terdiri dari banyak macam atau jenis pilihan investasi.

Resiko sistematik adalah resiko yang tidak dapat dihilangkan walaupun jumlah/ jenis saham ditambah,resiko ini adalah resiko yang berasal dari pasar.Resiko Sistematic disebut juga resiko pasar ,yaitu misalnya resiko inflasi,resiko suku bunga(naik/turun),resiko kurs valas. Resiko sistematic di lambangkan dengan Beta. Beta suatu saham disebut juga sensivitas saham tersebut terhadap pergerakan pasar yaitu perbandingan antara return pasar dengan return saham tersebut

Resiko unsistematik/Uniq adalah resiko yang dapat dihilangkan dengan cara menambah jumlah /jenis saham.resiko ini berasal dari perusahaan .

Teori Effisien Set yang menyatakan

Investor akan memilih portfolio yang optimal dari sejumlah portfolio yang:

1.Menawarkan ekspektasi return maksimum untuk berbagai tingkat resiko.

2.Menawarkan resiko yang minimum untuk berbagai tingkat ekspektasi return.

Sejumlah portfolio yang memenuhi dua kondisi ini disebut EFFISIEN SET atau EFFISIEN FRONTIER

Feasible portfolio

Feasible portfolio menunjukkan suatu portfolio yang dapat di bentuk dari asset-asset finansial yang tersedia di pasar.

Feasible portfolio set ,adalah semua feasible portfolio yang dapat dibentuk dalam pasar tertentu.

Markowits EffiCienT Portfolio set,adalah semua portfolio yang paling effisien karena memberikan pengembalian yang paling tinggi dengan tingkat resiko yang sama.

Perbedaan antara Risky Asset dengan Riskless Asset

Risky Asset adalah asset dengan resiko yaitu suatu asset financial yang tingkat pengembaliannya dimasa mendatang mengandung unsur ketidak pastian.misalnya berinvestasi pada saham perusahaan Tbk.

Riskless Asset adalah asset tanpa resiko yaitu asset financial yang tingkat pengembaliannya tidak mengandung unsur ketidakpastian,misalnya berinvestasi pada surat utang negara(SUN) atau SBI.

Market model yaitu suatu hubungan antara return saham individual dengan return market yang diwakili oleh indeks harga saham gabungan.Dengan alat statistik(regressi),kita akan dapatkan model pasar .

CML : Hubungan ini ditunjukkan oleh garis /line ini hanya untuk “portfolio yang effisien” saja dan dimana tersedia asset yang tidak beresiko(Rf).

CAPM

Hubungan antara keseimbangan pasar dengan saham secara individu ditunjukkan oleh GARIS PASAR SAHAM(SML). CAPM Adalah suatu model yang dipergunakan untuk menentukan harga suaatu asset dengan mempertimbangkan resikonya .Model CAPM berlaku umum,artinya bisa dipakai untuk menentukan harga suatu asset,apakah effisien atau tidak.

Untuk CAPM resiko yang dipertimbangkan hanya resiko yang berasal dari pasar yaitu resiko sistematik dengan simbol beta tersebut Semakin tinggi resiko sistematik tersebut,semakin tinggi pula keuntungan yang diharapkan dari saham tersebut . Hubungan antara expected return dengan resiko sistematik merupakan inti dari SML/CAPM.

Baca Juga :