Segudang Manfaat Yoghurt

Table of Contents

Segudang Manfaat Yoghurt

Segudang Manfaat Yoghurt

Yoghurt merupakan fermentasi oleh bakteri Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus bulgaricus.Bakteri-bakteri tersebut mampu menguraikan gula susu (laktosa) menjadi asam laktat sehingga menyebabkan rasa yoghurt asam. Menurut penelitian, yoghurt sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut beberapa manfaat yang terkandung pada yoghurt :

· Kandungan gizi tinggi

Karena proses fermentasi ada beberapa zat gizi yang kandungannya lebih tinggi pada yoghurt seperti vitamin B1, vitamin B2, serta beberapa jenis asam amino penyusun protein. Setiap 100 g yoghurt mengandung 52 kkal, protein 3,3 g, lemak 2,5 g, karbohidrat 4,0 g, kalsium 120 mg, fosfor 90 mg, zat besi 0,1 mg, retinol 22 mcg, dan thiamine 0,04 mg.

· Mencegah penyakit akibat infeksi atau keracunan mikroba

Bakteri dari yoghurt dapat hidup di dalam usus dan bersimbiosis dengan mikroflora lainnya. Adanya bakteri yang menguntungkan dalam usus memberikan kondisi yang dapat mencegah pertumbuhan mikroba patogen, sehingga berbagai penyakit akibat infeksi atau keracunan mikroba dapat dihindari akibat terhambatnya pertumbuhan mikroba patogen.

· Menurunkan Kolesterol

Asam laktat yang dihasilkan bakteri prebiotik dapat melakukan metabolisme kolesterol yang berasal dari makanan menjadi bentuk sterol yang tidak dapat diserap oleh usus, sehingga dapat menurunkan kolesterol.

· Mencegah jantung koroner

Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus yang terdapat dalam yoghurt, akan menghasilkan asam folat dan vitamin B kompleks, yang berguna untuk mencegah munculnya penyakit jantung koroner.

· Anti kanker saluran cerna & anti diare

Mikroflora dari yoghurt akan menghasilkan suatu lapisan protein di sepanjang saluran pencernaan, sehingga berbagai senyawa karsinogenik penyebab kanker di dalam saluran cerna dapat dihambat penyerapannya dan dikeluarkan melalui fesces. Oleh karena itu yoghurt juga merupakan anti diare.

· Nutrisi untuk diet

Kandungan gizi yoghurt yang lebih tinggi dari susu segar dan kadar lemaknya yang lebih rendah, membuat yoghurt cocok menjadi salah satu menu program diet rendah kalori.

Selain itu yoghurt juga bermanfaat untuk mencegah osteoporosismencegah hipertensimenghilangkan noda jerawatmenenangkan kulit kepala yang gatal serta untuk membuang kulit mati pada tubuh sehingga membuat kulit tubuh lebih kenyal.

Baca Juga :