Server Error, PPDB Terganggu

Server Error, PPDB Terganggu

Server Error, PPDB Terganggu

 Server error, masih mewarnai proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) daring di tahun 2018 ini. Akibatnya, banyak siswa kesulitan memasukan data Nilai Hasil Ujian Nasional (NHUN) saat pendaftaran tahap ke dua, kemarin.

Misalnya proses PPDB di SMAN 11 Bekasi. Di sekolah tersebut terpaksa dihentikan karena server pusat di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat mengalami error. Akibatnya sejumlah orang tua yang datang bersama anaknya untuk mendaftar terpaksa pulang.

Petugas  PPDB menghimbau agar siswa beserta orang tua pendaftar

bisa tetap menunggu hingga server kembali baik atau silakan pulang dan mendaftar kembali besok.

“Server offline sejak 11.00 siang sampai sekarang  jam 14.00 WIB. Ya kita berharap semoga sebentar lagi kembali daring lagi.  Soalnya banyak banget yang ngantri dan demi kenyamanan bersama kita memberikan dua pilihan,  mau nunggu atau pulang.  Pokoknya kita akan melayani terus sebagaimana tugas kami sebagai panitia pelaksana PPDB di SMAN 11 Bekasi, ” ujar Elis, ketua PPDB di SMAN 11 Bekasi.

Elis mengatakan,  karena telah terjadi server error maka akan diperpanjang waktu pendaftarannya hingga jam 17.00 WIB,  akan tetapi pihak Pemprov Jawa Barat belum memberikan pertujuan atas rujukan pertambahan waktu pendaftaran daring ini.

“Penjelasan dari orang dinasnya sih katanya ada hacker yang iseng dengan PPDB

Daring tahap kedua ini hasilnya selain di SMAN 11 Bekasi yang mengalami gangguan server ini,  SMAN 2 Bekasi juga terkena gangguan, mungkin SMAN di Jawa Barat yang lain begitu.  Sistem sekarang dalam proses perbaikan dan pemulihan,” lanjutnya.

Elis mengatakan,  pihaknya tidak dapat memastikan kapan sistem

dapat mulai beroperasi. Siswa beserta orang tua pendaftar bisa menunggu sampai batas sesuai jadwal penutupan pukul 15.00 WIB.  Pihaknya  hanya bisa mengantisipasi terhadap server error ini dengan memperpanjang waktu karena terdapat pertumpukan data.

 

Baca Juga :