TERJADINYA PELAPISAN SOSIAL

Table of Contents

TERJADINYA PELAPISAN SOSIAL

TERJADINYA PELAPISAN SOSIAL

TERJADINYA PELAPISAN SOSIAL

– Terjadi dengan sendirinya.
Pada pelapisan yang terjadi dengan sendurinya, maka kedudukan seseorang pada sesuatu strata atau pelapisan adalah secara otomatis, misalnya karena usia tua, karena pemilikan kepandaianĀ  yang lebih, atau kerabat pembuka, tanah, seseorang yang memiliki bakat seni atau sakti.
– Terjadi dengan sengaja.

Sistem pelapisan yang disusun dengan bersama ditunjukan untuk mengejar tujuan bersama. Di dalam sistem pelapisan ini ditentukan secara jelas dan tegas adanya wewenang dan kekuasaan yang diberikan kepada seseorang.
Sistem pelapisan yang dibentuk dengan engaja ini dapat kita lihat misalnya di dalam organisasi pemerintahan, organisasi partai politik, perusahaan besar, perkumpulan-perkumpulan resmi dan lain-lain. Di dalam sistem organisasi yang disusun dengan cara ini mengandung 2 sistem, yaitu :
1. Sistem fungsional.
2. Sistem skalar.

Pembagian kedudukan ini di dalam organisasi formal pada pokonya diperlukanĀ  agar organisasi itu dapat bergerak secara teratur untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Tetapi sebenarnya ada kelemahan dari sistem-sistem itu.
1. Karena organisasi itu sudah diatur sedemikian rupa, sehingga sering terjadi kelemahan di dalam menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang terjadi dalam masyarakat.
2. Karena organisasi itu telah diatur sdemikian rupa sehingga membatasi kemempuan-kemampuan individual yang sebenarnya mampu tetapi karena kedudukannya yang mengangkat maka tidak memungkinkan untuk mengambil inisiatif.

Baca Juga :